AKREDITASI LAMDIK PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM STAI AL-QUDWAH

Media STAIQ – Depok 12-13 Januari 2024, Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah
menerima kunjungan tim asesor dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
(Prof. Dr. Raharjo, M.Ed.St.) dan Universitas Islam Negeri Mataram (Dr. Emawati,
M.Ag) untuk melakukan proses akreditasi program studi manajemen pendidikan
islam (MPI) di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah.

Proses akreditasi berlangsung selama 2 hari di tanggal 12-13 Januari 2024. Di hari
pertama akreditasi berlangsung, ada beberapa hal yang dibahas oleh tim asesor
Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan Prof. Dr. Raharjo, M.Ed.St. dan Dr.
Emawati, M.Ag dengan stakeholder internal maupun eksternal, seperti Pimpinan
Perguruan Tinggi, Dekan, Wakil Dekan, Pengelola Prodi, Dosen, Alumni, Pemerintah
dan Masyarakat sekitar.

Beberapa hal yang dibahas serta ditinjau di hari pertama meliputi rencana
pengembangan Unit Pengelola Program Studi, Konfirmasi pelaksanaan hasil dan
efektivitas Sistem Penjaminan Mutu Internal yang meliputi seluruh siklus Penetapan
Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan, harapan serta kepuasan
stakeholder eksternal, kinerja dan tingkat kepuasan Dosen Sekolah Tinggi Agama
Islam Al-Qudwah.

Berbeda dengan hari pertama, di hari kedua (13 Januari 2024) para Mahasiswa
Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah dilibatkan dalam proses akreditasi
Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan. Tim asesor mengundang perwakilan
Mahasiswa dari setiap semester untuk diwawancarai terkait proses perkuliahan
secara umum. Semisal jumlah SKS, biaya kuliah per semester, fasilitas kampus,
fasilitas kesehatan, jadwal perkuliahan, kegiatan organisasi dan Unit Kegiatan Mmahasiswa (UKM) yang ada di
kampus dan masih banyak lagi.

Dalam proses wawancara tersebut mahasiswa sangat antusias mengemukakan
bagaimana senangnya mereka bisa berkuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam
Al-Qudwah. Mulai dari proses pembelajaran di kelas, kemudahan mahasiswa dalam
membayar uang semesteran mereka yang dapat dicicil setiap bulannya, serta
rangakain kegiatan mahasiswa yang terlaksanakan dalam setiap tahunnya, semisal
student day (acara lomba kampus), bakti sosial, mabit Ramadhan dan acara lainnya.
Selain itu tim asesor juga melakukan observasi terkait kegiatan pembelajaran di
kampus secara langsung, memastikan fasilitas kampus yang tersedia dan
melakukan Konfirmasi kinerja keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga
kependidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah.

Di akhir proses akreditasi, tim asesor melakukan penandatanganan berita acara
asesmen lapangan dan penyampaian rekomendasi hasil akreditasi ke perguruan
tinggi. Seluruh rangkaian acara akreditasi di tutup dengan ramah tamah antara tim
asesor serta stakeholder internal yang terlibat di kampus.

Besar harapan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok mendapatkan hasil
yang baik dan membanggakan dari akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri
Kependidikan. Semoga Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah selalu bisa
mencetak lulusan berakhlak luhur yang mulia, yang bisa menyinari kehidupan
berbangsa ini dengan sentuhan nilai-nilai Islam nan agung.

Penulis : Abdurrahman Labib