About Us

SEJARAH & LATAR BELAKANG

STAI AL_ QUDWAH

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al- Qudwah merupakan pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Islam Al-Qudwah pada awalnya lahir dari sebuah latihan dan kegiatan olahraga sepak bola perpekan. Lalu berkembang berkat ukhuwwah dan semangat yang tinggi, kemudian terbentuklah perkumpulan Remaja Masjid dalam sebuah Forum Silaturahim. Dari sinilah lahir berbagai aktifitas kegiatan olahraga, studi agama, sosial, ekonomi, pendidikan, dan lain-lain. Dari waktu itu kegiatan tersebut semakin berkembang pesat. Sehingga dibutuhkan identitas sebuah yayasan sebagai sarana resmi yang mewadahi seluruh aktifitas tersebut.

Pertama kali di awal tahun 1990 diadakan rapat kerja (Raker) aktifitas remaja masjid se Depok I di SMP Pelita II Kp. Jemblongan Jl. Raya Swangan Depok, sekaligus penataran Al-Qur’an selama satu pekan. Hasil Raker tersebut melahirkan sebuah Yayasan yang bernama Yayasan Islam Al-Qudwah (YIQ), dengan Akta Notaris Buhari, S.H No. 19 tanggal 14 Mei 1990.

Program kegiatan yang pertama kali digulirkan pada tahun 1990 adalah les pivate Bahasa Arab, baca Al-Qur’an, toko buku dan busana muslimah, tabungan muslim mardhotillah (Tamusmar), dan Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Qudwah. Kegiatan tersebut ditandai dengan semangat dan kegairahan keislaman yang tinggi sehingga menyemarakkan berbagai bentuk kegiatan agama seperti baca kitab, kegiatan bakti sosial, kegiatan ekonomi seperti bazar murah, dan kegiatan pendidikan seperti TPA, private, dan lain-lain. Kegiatan ini berpusat di kawasan Depok I atau kelurahan Depok Jaya.

Dua tahun kemudian tepatnya bulan Februari 1992 Forum Silaturahim yang sudah berubah menjadi Yayasan Islam Al-Qudwah (YIQ) mengembangkan kegiatannya berupa pendidikan dengan bergabungnya para alumni perguruan tinggi dalam dan luar negeri seperti UI, IISIP, UNAS, GUNADARMA, LIPIA, AL-AZHAR KAIRO, UNIV. ISLAM MADINAH, dan lain-lain. Pada bulan September 1992 lahirlah IPPI (Institut Pendidikan dan Pengetahuan Islam Al-Qudwah) setingkat dengan Sekolah Tinggi atau Ma’had ‘Aly dengan program D3 (Non gelar) yang berlokasi di Jl. Margonda Raya, Gg. Ciliwung, Depok, dengan bangunan yang digunakan untuk proses pembelajaran masih dalam bentuk sewa.

Selang satu tahun kemudian pada bulan Janauri 1993 lokasi kegiatan belajar mengajar IPPI Al-Qudwah pindah ke gedung Yayasan Pendidikan Putra Bangsa (Yapenpusa) di Jl. Margonda Raya, Gg. Kedondong, Depok, dikarenakan habis masa kontaknya. Ditahun ini pula dibuka program S1 (non gelar) dengan sistem paket. Walaupun lokasi kegiatan berpindah-pindah tetapi kegiatan pendidikan tetap terus berjalan, bahkanprogram kegiatan pendidikan berkembang menjadi tiga yaitu: Program Syari’ah, Program Dakwah, dan Program Bimbingan Studi Islam Praktis (BSIP) khusus Ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri.

Kegiatan digedung Yapenpusa tidak berlangsung lama hanya satu tahun mengingat gedung tersebut akan dipergunakan kembali oleh Yapenpusa. Awal tahun 1994 kegiatan pendidikan di pindahkan ke lokasi miliki sendiri Komplek Pendidikan Islam Al-Qudwah yang beralamat di Jl. Margonda Raya, Gg. Beringin, Depok. Kemudia pada tahun 1995 Komplek Pendidikan Yayasan Islam Al-Qudwah diresmikan oleh Wali Kota Depok sekaligus mewisuda angkatan pertama D3 (non gelar) dengan sertifikat lokal.

Mengingat kebutuhan masyarakat akan pendidikan semakin meningkat dan tuntutan profesionalisme semakin tinggi, maka Yayasan Islam Al-Qudwah dituntut melakukan penyesuaian. Diantaranya dengan menjadikan programm D3 dan S1 IPPI ke jenjang resmi terdaftar di Kopertais dan pada awal tahun 1997 pengurus Yayasan Islam Al-Qudwah dan IPPI sepakat untuk meingkatkan status menjadi formal dan terdaftar di Departemen terkait, serta merubah nama menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah (STAIQ).

Kami semua berharap agar usaha ini terus berkembang sebagai lembaga pendidikan Islam yang dapat melahirkan generasi yang baik dan berkualitas. Keberhasilan itu semua tidak mudah dicapai tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, para tokoh agama, aparat pemerintah, dunia usaha, dan lain-lain.

Oleh karenanya kami pengurus Yayasan Islam Al-Qudwah dalam sejarah singkat ini tetap teguh merintis dan mengembangkan berbagai aktifitas akademik serta program dakwah dan sosial Islam untuk ikut serta membangun ummat Islam pada umumnya dan masayarakat JABODETABEK pada khususnya. Dan memohon dengan setulus-tulusnya agar memperoleh kemudahan sehingga dapat mewujudkan dengan baik dan dapat dinikmati bersama.

Kontak kami +62 898 58 30000

Berita Beasiswa yang bisa diakses.

Pengumuman dari Manajemen kampus

Prestasi dan pencapaian pada tahun ini.

Informasi tentang Pendaftaran & PMB STAIQ

Perpustakaan Mandiri

Kemahasiswaan

Alumni & Karir

Student Desk

our valuable

Makna Filosofi

Logo STAIQ terdiri dari simbol dan called name typeface, sebagai corporate signature. Sedangkan STAI AL- Qudwah adalah corporate name, bukan bagian dari signature.

Logo STAIQ memiliki makna religius yaitu pada simbol, huruf M memiliki makna spritual yang mendasar yaitu Masjid dan juga mempunyai citra yang excellent, karena nilai M merupakan bentuk kesetimbangan  dalam penilaian. Serta kotaknya yang berwarna biru diambil dari filosofi bentuk Ka’bah yang terukur dan sistematis. Dan warna biru merupakan warna institusi pendidikan yang profesional, exclusiveelegant dan excellent.

Untuk called name STAIQ, menjelaskan akronim dari Sekolah Tinggi Agama Islam yang menjadi visualisasi dari akronim itu sendiri. Called name itu mencirikan sifat-sifat yang struktural, kokoh dan elegan sehingga mencerminkan peleburan antara ilmu dan teknologi dengan moral. Komposisi simbol dengan called name menunjukkan perpaduan antara konsep timur dan barat.Pada bagian bawah ditambahkan corporate name sebagai identifikasi STAIQ.

icon-1-nvwl8geicqxo0l80zix2u857mvwr3863y7ofzpds6g

Jaringan Kampus Luas

STAI memiliki jaringan besar kampus di bawah Kementerian Agama

icon-2-nvwl8geicqxo0l80zix2u857mvwr3863y7ofzpds6g

Dosen Expert

Memiliki dosen yang memiliki kompetensi dibidang keilmuannya

icon-3-1-nvwl8geicqxo0l80zix2u857mvwr3863y7ofzpds6g

Manajemen

Disupport dengan Manajemen dan teknologi aktual

We work hard to prepare every student for their professional life

““ To become leading university in developing excellent and dignified persons, who have intellectual capability, based on Islamic spiritual, moral, and ethical values “

Our Teachers

Observation is the first and most powerful step towards changing teaching practices. Daily observation reveals a wealth of information about students, their competencies and skills, and the work of the teacher.

Dr. Nurhadi M.M., M.Pd.

Dr. Nurhadi M.M., M.Pd.

Ketua STAI Al-Qudwah
Sobirin M.Pd.

Sobirin M.Pd.

Puket I & Kaprodi MPI STAI Al-Qudwah
Kusnan Imran S.Ei., M.M.

Kusnan Imran S.Ei., M.M.

Puket II STAI Al-Qudwah
Hidayatur Rahman S.EI., M.Pd.

Hidayatur Rahman S.EI., M.Pd.

Puket III STAI Al-Qudwah
Sigit Suhandoyo S.EI., M.M.

Sigit Suhandoyo S.EI., M.M.

Kapodri HES STAI Al-Qudwah
Nurhadi S.Pd., M.M.

Nurhadi S.Pd., M.M.

Kepala Pusat Penjamin Mutu Terpadu
Wahyu Bhekti Prasojo S.EI., M.KomI.

Wahyu Bhekti Prasojo S.EI., M.KomI.

Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat STAI Al-Qudwah
Jamilullah S.Pdi., M.Si.

Jamilullah S.Pdi., M.Si.

Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah